Propellerads

Friday, May 31, 2013

Tentang ALbum sheila on 7

Perjalanan panjang sebuah band dalam bermusik tak pernah lepas dari pembuatan album baru. Sebuah proses panjang yang tak mudah untuk dilewatkan begitu saja. Mereka perlu mengatur waktu dan memeras pikiran untuk menjadikan album yang akan keluar dapat dinikmati oleh “pasar”. Yah album baru adalah bukti nyata sebuah band itu layak dan mampu untuk tetap “eksis” hadapan penikmatnya. Asal kita tau musuh besar mereka adalah pembajak. Tak jarang pembajak adalah sosok kejam terhadap industry itu sendiri. Namun disisi lain pembajak bisa juga disebut “penolong”majunya sebuah album tersebut. Siapapun orangnya buat aku pembajak tetaplah seorang pembajak. Karena kita tau, album adalah “ladang” pangan seorang musisi/band. Jika “ladang” rezki mereka dibajak lalu bagaimana mereka menjual album?. Inilah yang ditakutkan setiap musisi setiap membuat album.
Sisi lain dari musisi/band selain pembajak ada orang-orang yang disebut fans fanatik. Dimana orang-orang inilah yang juga membantu musisi tersebut menjadi sukses ataupun tidak. Namun dalam hal ini justru pasarnya musik memang sangat berhubungan erat dengan fans. Namun sisi lain seorang fans juga bisa disebut dengan pembajak karena mereka juga sangat mudah memperbanyak dan mengedarkan album musisi/band tersebut ke dalam  internet. (ini juga sangat ditakutkan musisi). Inilah hal yang selalu membuat kecewa para musisi/band tersebut.
Berbicara tentang musisi/band. Aku punya band yang sangat aku sukai. Band dari Yogyakarta dengan personil Duta Modjo (vocal), Eross Candra (gitar), Brian kresno Putro (drum) dan adam subarkah (bass). Ya Sheila on 7, yang kemarin sempat memperingati ulang tahun ke 17 tahun. Dalam usia yang tak muda lagi. Sheila on 7 selalu dinanti akan keluarnya album baru mereka. Tak jarang fans fanatik yang setia menunggu Sheila on 7, merindukan karya-karyanya yang mampu membangkitkan motivasi, semangat dan “kesan baru”. Menurut info yang tersebar saat ini mereka akan menyiapkan album baru mereka tahun ini guys, mereka telah melakukan proses produksi album (latihan, rekaman dan sampling lagu ke produser) yang telah dimulai sejak bulan maret kemarin. Sebuah rencana besar dan proses panjang dalam menunjukkan eksistensi mereka didunia industri musik ini. Ini bukti nyata hasil karya mereka masih diakui dan ditunggu-tunggu.
Dulu aku inget saat album baru menentukan arah, album ini adalah langkah kedua mereka setelah kegagalan album mereka di album sebelumnya (507). Justru di album 507 lah mereka masih menunjukkan eksisnya mereka walaupun harus ditinggalkan gitarisnya (sakti). Di album menentukan arah satu yang membuat aku heran adalah dengan adanya kebocoran beberapa lagu yang sudah beredar luas di kalangan fans. Namun itulah resiko sebuah band dengan adanya kebocoran lagu sebelum beredar karena fans.
Mengenai album baru ini aku hanya sekilas dengar dan tau informasi mereka dari twitter dan youtube. Bahkan lagu yang akan menjadi single buat album baru, lagi-lagi bocor ke media walaupun hanya beberapa bait saja.
Owh ya mengenai album baru , Sheila on 7 yang telah dikontrak 8 album di sony music telah berakhir di album ini. Ada 2 kemungkinan yang akan menjadi tolak ukur Sheila on 7 itu tetap eksis. Salah satunya tetap berada di sony music atau membuat indie label sendiri seperti band2 lain. Entahlah. Itu rahasia mereka yang tetap ditunggu para fans. Yang pasti tetap setia untuk menunggu album mereka. Dan mengenai album baru ini Sheila on 7 masih bingung untuk merayakan ultah seperti tahun lalu. Entah apa sebabnya. Atau mungkin belum ada kesiapan dari mereka memperingati ultah 17th . Itu juga rahasia mereka.
Semoga Album Sheila on 7 kedelapan ini akan lagu-lagu dengan eksperimen-eksprimen dalam materi mereka. Dan akan ada cerita mereka tentang pendewasaan album dalam setiap lagu, seperti album berlayar. Album berlayar yang sebelumnya menceritakan tentang pendewasaan mereka dalam berkarya juga akan tetap terlihat dengan adanya album baru? . Hal ini cukup membuat fansnya akan menjadi kejutan. Semoga dalam waktu dekat ini mereka benar-benar merilis album.
Semoga sukses buat Sheila on 7 untuk album barunya.