RSS

jangan mencari dunia, biar dunia mencarimu

aku belajar setiap waktu, menikmati setiap ilmu yang diberikan oleh guru atau pun dosen, aku coba nikmati tiap hari tentang waktu dimana aku akan mengerti jawaban kenapa aku harus belajar di sekolah formal. entahlah ini sebuah tuntutan atau emang kewajiban. yang jelas ketika belajar ada sebuah perasaan mengganjal buatku, tentang apa arti sebuah pelajaran,sekolah dan buku.
 jawaban tu telah kudapatkan setelah aku mengelilingi setiap waktu di tempat yang menurutku sangat asing.
aku belajar bukan karena tuntutan melainkan sebuah kewajiban, kewajiban yang memang sangat perlu untuk aku terapkan dalam kehidupanku. agar aku tak tersesat dalam sebuah kebodohan. aku ingat sebuah pesan dari almarhum abah (hb saggaf bin mahdi bin Syeck abi bakar salim ) tentang "jangan mencari dunia, biar dunia mencarimu" pesan singkat yang tersirat. begitu dalamnya kata ini ketika aku coba menelaah dan aku tanyakan pada bapakku. sebuah kata yang tersirat adalah dengan ilmu / belajar kamu akan mudah menguasai dunia, dengan ilmu  hidup begitu indah, dengan ilmu jalan kegelapan akan terang. inilah makna yang selalu aku resapi hingga saat ini. mungkin aku tak terlalu sibuk dengan urusan wanita. karena wanita adalah sebuah catatan yang telah tertulis indah di takdir kita. dengan ilmu juga kita mudah mendapatkan wanita. yang pasti dengan ilmu keridlaan Allah selalu ada. dengan ilmu sebuah jabatan dan apa saja yang "ingin" akan tercapai mudah.
 Tuhan memberi alasan kenapa menciptakan manusia diperintahkan untuk mencari ilmu? begitu banyak jawaban ketika Tuhan memerintahkan kita untuk mencari IlmuNya..
maka marilah cari ilmu sebanyak2nya untuk kehidupan masa depan. semoga Tuhan membimbing kita dalam mencari ilmuNya

wallahu 'alam bish shawab

ditulis di balkon lantai tiga sampangan semarang saat jam 2.00 AM
maaf tidak mengutip ayat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS