Propellerads

Thursday, July 26, 2012

Jenis Susu dan Kebaikannya

Susu memang sudah dikenal sebagai makanan sehat. Nutrisi yang terkandung di dalamnya memberikan manfaat baik bagi tubuh.


Nah, berikut ini terdapat beberapa jenis susu yang baik untuk kesehatan yang dilansir melalui Healthmeup (25/7).

Santan

Santan menjadi bahan umum dalam masakan. Santan memberikan vitamin, mineral dan serat yang membantu mencegah penyakit, seperti kandung empedu dan penyakit hati, peradangan dan penyakit kulit. Jika meninginkan protein, santan merupakan sumber yang baik. Selain itu, santan juga menyediakan zat besi, selenium, natrium, kalsium, magnesium, fosfor dan kalium, serta vitamin C, E, B1, B3, B5 dan B6.

Uniknya, santan jauh lebih kaya akan kalsium dari susu biasa. Santan juga mendukung sistem kekebalan tubuh, menurunkan berat badan dan sangat baik untuk pencernaan.

Susu sapi

Jika Anda mengalami kekurangan kalsium, Anda akan diberitahu untuk minum susu sapi. Susu ini mengandung lemak, mineral, vitamin D, protein, vitamin B, potasium dan yodium. Susu juga bisa menjadi alternatif pengganti omega 3.

Selain memperkuat tulang dengan kalsium, susu sapi dikenal membantu mengontrol tekanan darah karena mengandung kalium serta adanya yodium yang meningkatkan fungsi tiroid dan mencegah asam urat.

Susu kambing

Menurut penelitian, susu kambing membantu mencegah pelunakan tulang dan anemia. Rahasianya terletak pada tingginya kandungan zat besi, kalsium, fosfor dan magnesium. Susu kambing juga memiliki sedikit lemak, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi radang usus.

Susu kedelai

Susu kedelai menjadi alternatif bagi mereka yang alergi laktosa atau penganut vegetarian. Susu ini mengandung asam lemak, protein, serat, vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan fungsi tubuh.

Anda bisa mengandalkan susu kedelai untuk meningkatkan kolesterol baik dan membantu menurunkan berat badan. Omega 3 dan 6 dalam susu kedelai juga memperkuat pembuluh darah, mencegah kanker prostat, osteoporosis dan sindrom menopause.
sumber