Propellerads

Wednesday, September 5, 2012

Pria Lebih Sulit Membedakan Warna?

Pria dan wanita merupakan dua makhluk yang berbeda. Mungkin teori yang mengatakan pria berasal dari Planet Mars dan wanita dari Planet Venus, ada benarnya.

Penelitian terbaru di City University, New York, menunjukkan, terdapat perbedaan cara melihat warna antara pria dan wanita.
Sebelumnya, peneliti telah melakukan percobaan pada pria dan wanita dengan memperlihatkan kilatan cahaya, kemudian menanyakan warna yang peserta lihat.
Dari percobaan tersebut, peneliti menemukan bahwa pria cenderung berusaha untuk membedakan warna kuning, hijau dan biru.
Menurut peneliti Prof. Israel Abramov, letak perbedaan ini bukan karena adanya kelainan struktur di mata. Melainkan cara otak, dimana hormon seks testosteron memainkan peran utama, yang entah bagaimana menyebabkan perbedaan melihat warna antara pria dan wanita.
Perbedaan ini tak hanya soal penglihatan saja. Temuan lain dalam journal Biology of Sex Differences menunjukkan wanita memiliki pendengaran lebih baik serta indera perasa dan bau yang lebih tajam dibandingkan pria.

sumber