Propellerads

Thursday, March 6, 2014

TENTANG JAGOSTU


Tepat tahun 2007,atas dasar emosi seorg gitaris so7 maka band ini menelurkan album berjudul JAGOSTU yang di gawangi HELMY PRASTOWO BUDI(vokal),EROSS CHANDRA (guitar),ALAM(BASIS),BRIAN KRESNO PUTRO (drummer). Berikut kisahnya yang aku kutip beberapa bagian  kalimat dari sini.
Pernah mendengar lagu Ampun DJ , mau tak mau, atau mungkin mendengar judul lain yang pernah muncul tahun 2007 lalu?. Kisah yang lama ini aku tulis ulang dan aku salin dari sang vokalis band itu. Helmy Prastowo Budi.
Inilah bagian yang aku kutip

Jagostu adalah sebuah band " side project " dr Eross Candra yg terbentuk diawal tahun 2006,project ini dimaksudkan untuk "menampung" karya eross candra yg secara konsep tidak bisa dipaksakan untuk dimasukkan di Sheila On 7.

Menurut Eross candra,materi lagu yg ada dalam jagostu adalah " RACUN " dalam proses berkarya eross ke sheila on 7,dan jika tetap dipaksakan masuk ke Sheila On 7 akan bisa merubah konsep dan pattern Sheila On 7 yg selama ini sudah di bangun.
Dan.. Saat itu Jagostu adalah penampung " RACUN " tersebut agar keseimbangan proses berkarya eross sebagai seorang "song writer" tetap terjaga. 


Sebenarnya jika kita ingat-ingat, Eross Candra  akhirnya berminat mempunyai side project ini.  Pada saat itu adalah klimaks terburuk untuk album 507 (2006) milik Sheila on 7. Album bercover rumput hijau dengan daun berwarna merah jambu ini sebuah imbas dari "kekecewaan pasar" saat itu. Setelah dua personil sheila on 7 keluar (setelah dipecatnya Anton -drummer- dan Sakti  -gitaris-). Padahal jika kita beli album 507 itu  dan mendengarkannya, warna musik sheila on 7 mulai menunjukkan kedewasaannya. Dan kebetulan personil baru pada drummer ( Brian Kresno Putro ) yang membuat warna mereka menjadi lebih berwarna. sehingga kegagalan kegagalan di album sheila on 7 ini membuat kesal Eross Candra ( maaf ) hingga membuat Jagostu ini. 

Kembali lagi pada Jagostu. Setelah album mereka keluar, sisi lain Eross candra makin terlihat dalam beberapa lagu pada JagostuJagostu yang saat itu mempunyai 10 lagu andalan pada album mereka memang benar benar menceritakan sisi lain Eross candra !!!. Bagaimana tidak dari beberapa judul mereka seperti Imajinasi Nafsu Lelaki,  Anak Band ,Gostu!, Kesempatan kedua, merupakan curahan hati sosok Eross candra dengan sisi liarnya ( maaf sekali lagi mas).


Namun sayang beberapa tahun kemudian tepatnya tahun 2009-sekarang Jagostu akhirnya vakum karena suatu hal. berkali - kali aku sering menanyakan bagaimana kelanjutan Jagostu. Namun tak ada jawaban pastinya. Hingga sang vokalis Helmy Prastowo Budi mempunyai statement seperti ini
NB : Jika ada yg bertanya kepada saya " Kapan Jagostu akan berkarya lagi ?? " <<< Sudah pasti sy akan selalu menjawab >> " HANYA TUHAN DAN EROSS CANDRA YANG TAHU " hehehe | penggarapan album ke 2 sudah sempat dilakukan dan sudah dapet beberapa lagu,namun karna alasan tertentu penggarapan album di hentikan dan materi tersebut harus disimpan | Jagostu saat ini sedang menikmati " Tidur Panjang atau anggap aja MATI SURI " Saya juga gak tau apakah "akan bangun lagi " atau " Mati untuk selama lamanya " hehehe.. | Saat ini Eross dan Brian berkonsentrasi berkarya di Sheila On 7 | Alam Fokus bermusik dengan band barunya ( Clock Mistery ) dijakarta | Dan Saya Bermusik dengan Band Baru saya ( EVERLONG ) serta Lumayan sibuk kerja di HARMONIC ROCK CLOTH :)  Tapi... apapun yg akan terjadi dengan jagostu Kelak,,saya pribadi menganggap bahwa jagostu bukan hanya sekedar BAND,tp Jagostu adalah sebuah "mimpi saya yg dikabulkan oleh TUHAN ",sebuah mimpi yg awalnya di anggap mustahil oleh anak kampung untuk dekat dengan sosok EROSS CANDRA..
 namun jawaban pastinya bisa kita lihat videonya.


Kami para GOSTU!!! (sebutan untuk penggemar Jagostu ) akan terus menunggu album mereka hingga sisi lain Eross Candra mau membuat sisi lain kembali dalam bermusik. " semangat yang menyelamatkan kita nanti semangat percaya pada mimpi " ( Eross Candra - lewat alam )

jika Anak band mempunyai kesempatan kedua maka mau tak mau akan terwujud. God would help me uptoday. CHEERS !!

0 komentar: