Propellerads

Thursday, April 7, 2016

Enkripsi Baru WhatsApp

Setelah beberapa bulan lalu menggratiskan selamanya bagi pengguna media sosial ini. Kini, WhatsApp menggunakan enkripsi baru untuk memberikan kenyamanan. Fungsinya menjaga privasi penggunanya.

Dalam situs resminya WhatsApp mengungkapkan: " Privasi dan keamanan ada dalam DNA kami, oleh sebab itu kami memiliki enkripsi end-to-end pada versi-versi terbaru aplikasi kami. Ketika terenkripsi secara end-to-end, pesan-pesan, foto, video, pesan suara, dokumen, dan panggilan Anda diamankan dari kemungkinan jatuh ke tangan yang salah.
Enkripsi end-to-end tersedia ketika Anda dan orang-orang yang Anda kirimi pesan berada pada versi-versi terbaru WhatsApp.
Enkripsi end-to-end WhatsApp memastikan bahwa hanya Anda dan orang yang berkomunikasi dengan Anda sajalah yang dapat membaca apa yang telah dikirimkan, dan tidak ada orang lain di antara Anda, bahkan WhatsApp. Pesan-pesan Anda diamankan dengan sebuah kunci, dan hanya penerima dan Anda sajalah yang memiliki kunci spesial yang diperlukan untuk membuka dan membaca pesan Anda. Untuk keamanan tambahan, setiap pesan yang Anda kirimkan memiliki kunci yang unik. Semua ini terjadi secara otomatis: tidak perlu mengaktifkan pengaturan tertentu atau menyiapkan sebuah chat spesial yang bersifat rahasia untuk mengamankan pesan-pesan Anda."  baca selengkapnya FAQ WhatsApp.



Dalam security WhatsApp juga menjelaskan :
"Enkripsi end-to-end WhatsApp tersedia ketika Anda dan orang-orang yang Anda kirimi pesan menggunakan versi-versi terbaru aplikasi kami. Banyak aplikasi perpesanan lain hanya mengenkripsikan pesan-pesan antara Anda dan mereka, tetapi enkripsi end-to-end WhatsApp memastikan bahwa hanya Anda dan orang yang berkomunikasi dengan Anda sajalah yang dapat membaca apa yang telah dikirimkan, dan tidak ada orang lain di antara Anda, bahkan WhatsApp. Hal ini karena pesan-pesan Anda diamankan dengan sebuah kunci, dan hanya penerima dan Anda sajalah yang memiliki kunci spesial yang diperlukan untuk membuka dan membaca pesan-pesan Anda. Untuk keamanan tambahan, setiap pesan yang Anda kirimkan memiliki kunci yang unik. Semua hal ini terjadi secara otomatis: tidak perlu mengaktifkan pengaturan tertentu atau menyiapkan sebuah chat spesial yang bersifat rahasia untuk mengamankan pesan-pesan Anda.
Berbicara dengan Bebas
Panggilan WhatsApp memampukan Anda untuk berbicara dengan teman-teman dan keluarga Anda, bahkan jika mereka berada di negara lain. Sama halnya dengan pesan-pesan Anda, panggilan WhatsApp Anda juga terenkripsi secara end-to-end sehingga WhatsApp dan pihak ketiga tidak dapat mendengarkannya.
Pesan-pesan yang Tetap Beserta Anda
Pesan-pesan Anda harus berada di tangan Anda. Oleh karena inilah WhatsApp tidak menyimpan pesan-pesan Anda di server kami sesudah kami mengirimkannya, dan enkripsi end-to-end berarti WhatsApp dan pihak ketiga tidak dapat membacanya pula.
Pastikan Sendiri
WhatsApp memampukan Anda untuk memeriksa apakah panggilan yang Anda lakukan dan pesan-pesan yang Anda kirimkan terenkripsi secara end-to-end. Cukup temukan indikator ini di halaman info kontak atau info grup.
Dapatkan Rinciannya
Silakan baca sebuah ulasan teknis yang mendalam tentang enkripsi end-to-end WhatsApp, yang dikembangkan dalam sebuah kolaborasi dengan Open Whisper Systems." seperti dilansir di situs Keamanan WhatsApp

Kita bisa melihat keamanan tersebut melalui percakapan di grup ataupun antar personal




0 komentar: