Propellerads

Sunday, June 12, 2016

HAGIA, BARASUARA

Aku lupa sejak kapan mulai suka band indie. Grup musik yang menurutku, anti mainstream, tak seperti mayor label, yang ditentukan pasar industri musik. Kali ini aku temukan lagi, band indie dengan kualitas bagus.
Barasuara, sekumpulan pemain musik dari berbagai jam terbang.  Seperti pecahan kaca, mereka melebur membuat band dengan formasi Iga Massardi (vokal dan lead gitar), TJ Kusuma (gitar), Gerald Situmorang (bass), Marco Steffiano (drum),Asteriska (vokal), Puti Chitara (vokal). Jam terbang mereka ialah menjadi pengiring musik beberapa penyanyi dan musisi Indonesia.
Aku mau bahas lirik apik, di salah satu nomor mereka. HAGIA. List lagu nomor 4 di album Taifun ini akan aku bahas.


Simak lirik bawah ini :

Sempurna yang kau puja dan ayat-ayat yang kau baca
Tak kurasa berbeda, kita bebas untuk percaya
“Seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami”
Pada judul Hagia, aku usah search di KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), namun tak ketemu. Aku coba gunakan Tesaurus, kumpulan sinonim kata dalam bahasa, juga tak temukan makna.
Cover album Taifun (barasuara.com)


Kemudian aku cari ke mesin pencari google, aku temukan simbol-simbol peradaban. HAGIA SOFIA. Bukti peradaban masa lampau yang sangat kental : dua budaya, nasrani dan islam dalam suatu bangunan. 


Dan ketika saya mengutip sebuah web. Saya agak tercengang. Ada doa nasrani. Ini dia liriknya:
Bapa kami yang ada di surga

Dimuliakanlah namaMu
Datanglah kerajaanMu jadilah kehendakMu
Di atas bumi seperti di dalam surga
Berilah kami rezeki pada hari ini

Dan ampunilah kesalahan kami
Seperti kamipun mengampuni
Yang bersalah kepada kami
Dan janganlah masukkan kami kedalam pencobaan
Tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat

Aku tak berpikir ini murtad atau tidak. Bagiku, lirik di bait awal dan tengah itu, sangat relevan saat ini. Ketika orang sibuk membully temannya yang beda keyakinan, jawabannya tepat ada di bait terakhir.

http://mrgostuquwh.blogspot.com/2016/06/hagia-barasuara.html
Simak juga http://bit.ly/1VSqdyA

0 komentar: